Pastikan Hari Esok Lebih Baik...

Senin, 21 Maret 2011

Kebutuhan TI dan Aplikasi Berbasis Web

Di zaman globalisasi ini, “information is prestigious knowledge”. Kebutuhan manusia akan Informasi didasari oleh insting mereka untuk memenuhi 15 human desires and value (Menurut penelitian StevenReiss dan Susan Havercamp, peneliti dari Ohio State University, di Amerika Serikat, ada 15 keinginan atau hasrat (desire) manusia dan nilai-nilai (values) yang dianutnya : curiosity, food, honor, rejection, sex, physical, order, independence, vengeance, social contact, family, social prestige, aversive sensations, citizenship, power.

Hasrat yang dimiliki oleh manusia tersebut mengangkat informasi menjadi sesuatu yang memiliki nilai komoditas tinggi – seperti contoh : seorang pialang anda mengetahui besok nilai tukar rupiah akan jatuh dengan drastis, maka ia akan bergegas ke bank untuk menukarkan rupiah anda dengan dollar. Bayangkan apa yang akan terjadi dengan uang anda apabila ia tidak mendapatkan informasi tersebut. Demikian pula jika anda mengetahui bahwa ada berita tentang terungkapnya skandal pejabat negara, atau berita mengenai pemadaman lampu yang akan terjadi di daerah kita, maka kita akan segera mencari tahu tentang berita tersebut.

Penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan bisnis dan pendidikan sudah dirasa sebagai keharusan. Karena luasnya aspek implementasi teknologi informasi, perlu dibahas bersama anatar mereka yang berkepentingan untuk menentukan prioritas urutan aspek-aspek yang perlu didahulukan. Persoalannya adalah bahwa implementasi teknologi informasi tidak semata-mata masalah teknologi tapi dalam prakteknya lebih banyak berurusan dengan pelaku-pelaku pengguna teknologi informasi itu sendiri.

Beberapa aspek pengembangan Teknologi Informasi yang harus menjadi prioritas utama untuk digunakan dalam kegiatan bisnis dan dunia pendidikan antara lain :

1. Penyediaan sarana fisik berupa peralatan TI dan jaringannya yang terjangkau
2. Perencanaan pembangunan/pengembangan aplikasi yang mudah dalam penggunaannya
3. Kemampuan jumlah pengguna dalam mengakses aplikasi secara bersama tidak terbatas
4. Penyediaan database yang terpusat dan terintegrasi sehingga memudahkan dalam pemeliharaan, termasuk dalam hal penciptaan database cadangan
5. Kemampuan menyediakan informasi utk mendukung perencanaan dan pengambilan keputusan
6. Kemudahan dalam perbaikan dan pengembangan lebih lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar